jump shoot

Rabu, 19 April 2017

Ilmu Sosial Budaya Dasar dalam kebianan



MAKALAH 
ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar
Dosen Pengampu Vio Nita, S.ST., M.Kes

Disusun Oleh :


Isa Nurmaya  (14150010)
Devi Cristiani (14150035)
Vian Fitri Riwayati (14150064)
Yulita Basilia (14150091)
Khevi Henoek (16150001)
Ratni Oktavia I.M.K (16150006)
Rina Setiawati (16150015)
Eklyn Inggriani Sutanto (16150022)
Ratmiati (16150025)
Ida Ulfah Rifai (16150028)
Ria Anggela (16150030)
Marta Long Seng (16150031)
Debby Agustin (16150040)
Eva Erfiyana (16150044)
Widya Amelia (16150045)
Putri Prameswati (16150074)







UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
D-III KEBIDANAN 

KATA PENGANTAR


       Puji syukur kehadirat Tuhan Yang  Maha  Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai.Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribuusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.
        Terlepas dari semua itu, kami menyadarisepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini.
        Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, untuk itu saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.









-










DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR...................................................................................................... .ii
DAFTAR ISI ......................................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ............................................................................................................. ..1
B.     Rumusan Masalah.......................................................................................................... ..2
C.     Tujuan............................................................................................................................ ..3
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Ilmu Sosial Budaya Dasar........................................................................... ..4
B.     Tujuan Ilmu Sosial Budaya Dasar................................................................................. ..5
C.       Ruang Lingkup Budaya Dasar.......................................................................................6
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan.................................................................................................................... .7
B.     Saran................................................................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………..........9











BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Setiap bangsa dimanapun berada memiliki kebudayaan. Kebudayaan ialah berkat akal budi manusia yang di pergunakan untuk memenuhi kehidupan jasmani dan rohaninya. Kebudayaan mencakup kelompok ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan sebagainya, dan komplek aktivitas, yaitu keadaan berpola dari masyarakat dalam masyarakat, serta benda-benda hasil karya manusia.
Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengcrtian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah dan kebudayaan.
Istilah IBD dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris “The Humanities’. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa Latin Humanus yang bisa diartikan manusiawi, berbudaya dan halus (fefined). Secara demikian bisa dikatakan bahwa The Humanities berkaitan dengan masalah nilai-nilai, yaitu nilai-nilai manusia sebagai manusia berbudaya.










B.     Rumusan Masalah
a)      Apa pengertian dari Ilmu Sosial Budaya Dasar ?
b)      Apa tujuan dari Ilmu Sosial Budaya Dasar ?
c)      Apa  saja yang termasuk dalam ruang lingkup Ilmu Sosial Budaya Dasar ?

C.    Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini untuk mengetahui pengertian ilmu sosial dan budaya dasar serta konsep dari Ilmu sosial dan budaya dasar itu sendiri. Selain itu makalah ini juga bertujuan untuk memenuhi tugas yang diberikan dosen mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar.



















BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian
Ilmu sosial dan budaya dasar adalah suatu rangkaian pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling mendasar dan menonjol yang ada didalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki budaya dan permasalahan-permasalahan yang ada. Ilmu sosial dan budaya dasar merupakan pengenalan teori-teori ilmu sosial dan kebudayaan. Dengan ilmu ini, seseorang akan memiliki wawasan keilmuan multidisipliner yang bersangkutan dengan keagamaan, kesetaraan dan manusia didalam kehidupan bersosialiasi.
B. Tujuan
1.         Ilmu soaial bagian dari ilmu pengetahuan
            Sumber dari segala ilmu pengetahuan adalah filsafat. Dari filsafat tersebut lahirlah tiga cabang ilmu pengetahuan, yaitu:
a. Natural science (Ilmu-ilmu alam meliputi fisika, kimia, biologi)
b. Sosial sciene ( Ilmu-ilmu sosial meliputi sejarah, politik dan ekonomi)
c. Humanities (Ilmu-ilmu budaya meliputi bahasa, agama, kesenian)
            Dinamakan ilmu sosial karena obyek yang dipelajarinya adalah masyarakat atau kehidupan bersama. Secara sederhana ilmu sosial budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Istilah ilmu sosial budaya dasar dikembangkan pertama kali di indonesia sebagai pengganti isilah besic humanities yang berasal dari istilah bahasa inggris "the humanities" adapun istilah humanities berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia, berbudaya dan halus.
            Dengan mempelajari the humanities, diharapkan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari the humanities dengan tidak meninggalkan tanggung jawabnya sebagai manusia itu sendiri.
            Untuk mengetahui bahwa ilmu budaya dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuanI. Ilmu dan pengetahuan dikelompokan dalam tiga kelompok besar yaitu:
a. Ilmu-ilmu alamiah
            Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan atas dasar ini lalu dibuat prediksi.
b. Ilmu-ilmu sosial (social scince)
            Ilmu ini bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitannya tida 100% benar, hanya mendekati kebenaran.
c. Pengetahuan budaya (the humanities)
            Pengetahuan ini bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyatan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya (homo humanus). Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Pengetahuan budaya (the humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disilpin) seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang keahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik,dll. Sedangkan ilmu sosial dan budaya dasar adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah sosial manusia dan kebudayaan. Dengan perkataan lain Ilmu Sosial Budaya Dasar menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan sosial budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran serta kepekaan mahasiswa dalam mengkaji masalah masalah sosial manusia di masyarakat dalam tingkah lakunya dalam kehidupan dan kebudayaan yang menyertainya.
Ilmu sosial dan budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar dalam bahasa Inggris disebut basic humanities. Pengetahuan budaya dalam bahas inggris disebut dengan istilah the humanities. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai mahluk berbudaya (homo humanus). Sedangkan ilmu sosial dan budaya dasar bukan hanya ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah sosial manusia dan kebudayaannya.
2. Tujuan ilmu sosial dan budaya dasar
            tujuan dari kajian ilmu sosial dasar adalah untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan sosial da masalah sosial dalam masyarakat kompleks. Selain itu dikaji tentang pembentukan, pengembangan kepribadian serta perhatian, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya. Khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan sosial dapat dipertajam.
            Sedangkan ilmu budaya dasar bertujuan mengusahakan agar mahasiswa lebih peka terhadap lingkungan budaya sehingga mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka. Mengusahakan agar para mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak terjatuh dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengotakkan. Usaha ini terjadi karena ruang lingkup pendidikan indonesia amat dan condong membuat speasialis yang berpandangan kurang luas.
            Jadi, tujuan umum ilmu sosial dan budaya dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian manusia sebagai makhluk sosial (zoon politicon) dan sebagai makhluk budaya ( homo humanus) sehingga mampu menghadapi secara kritis dan berwawasan luas masalah yang mengenai sosial budaya dan permasalahan lingkungan sosial budaya homo serta dapat menyelesaikannya dengan baik.
            Jika berdasarkan hakikat keilmuan, maka tujuan ilmu sosial budaya dasar sebagai bagian dari berkehidupan bermasyarakat adalah:
a. Mengembangkan kesadaran mahasiswa untuk menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman, kesetaraan, dan kemartabataan manusia sebagai individu dan makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
b. Menumbuhkan sikap kritis, peka, dan arif dalam memahami keragaman, kesederajatan, kemartabataan manusia dengan landasan nilai estetika, etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat.
c. Memberikan landasan pengetahuan, wawasan yang luas serta keyakinan kepada mahasiswa selaku individu dan makhluk sosial yang beradab, sebagai bekal hidup bermasyarakat, dalam memperaktekan pengetahuan akademik, dan keahliannya. Mahasiswa mampu memberikan problem solving sosial budaya secara bijaksana.
            Ilmu sosial dan budaya dasar memberikan dasar-dasar pengetahuan sosial dan konsep-konsep budaya kepada mahasiswa, sehingga mampu mengkaji masalah sosial, kemanusiaan, dan budaya, sehingga diharapkan manusia peka, tanggap, kritis seta berempati atas solusi pemecahan masalah sosial dan budaya secara arif.
c. Ruang lingkup ilmu sosial dan budaya dasar
            Berpangkal dari tujuan pembelajaraan matakuliah ilmu sosial budaya dasar sebagaimana diungkapkan diatas, maka ada 2 permasalahan yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup pembahasan, yaitu:
1. masalah sosial yang ditanggapi dengan pendekatan yang berbeda-beda oleh bidang pengetahuan keahlian yang berbeda-beda sebagai pendekatan tersendiri  gabungan.
2. Keanekaragaman golongan dan satuan sosial dalam masyarakat yang masing-masing mempunyai kepentingan, kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan tingkah laku sendiri. Disamping itu, persamaan kepentingan, kebutuhan, pola pemikiran dan tingkah laku menyebabkan adanya pertentangan-pertentangan maupun hubungan-hubungan kesetiakawanan dan kerja sama dalam masyarakat.
            Berdasarkan ruang lingkup kajian diatas, masih dapat dijabarkan untuk ke dalam pokok pembahasan dan subpokok bahasan sebagai berikut:
1. Mempelajari dan menyadarai adanya berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Mempelajari dan menyadari adanya masalah-masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Mengkaji masalah kependudukan dan sosialisasinya, sehingga mahasiswamenyadari identitasnya sebagai pemuda penerus bangsa.
4. Mempelajari hubungan antara warga negara dan bangsa.
5. Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat.
6. Mempelajari masalah yang dihadapi oleh masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Mempelajari dan menyadari adanya pertentangan sosial bersamaan dengan adanya integrasi masyarakat.
8. Mempelajari usaha pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran dan pengurangan kemiskinan.
      






BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Ilmu sosial dan budaya dasar adalah suatu rangkaian pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling mendasar dan menonjol yang ada didalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki budaya dan permasalahan-permasalahan yang ada. Ilmu sosial dan budaya dasar merupakan pengenalan teori-teori ilmu sosial dan kebudayaan. Dengan ilmu ini, seseorang akan memiliki wawasan keilmuan multidisipliner yang bersangkutan dengan keagamaan, kesetaraan dan manusia didalam kehidupan bersosialiasi.

B.     Saran
Sebagai masyarakat yang kaya akan kebudayaan seharusnya lebih menjunjung tinggi nama kebudayaan dan keseragaman kebudayaan agar tidak punah. Selain itu juga kita harus bisa menjaga kebudayaan yang kita miliki agar tidak diambil oleh orang lain yang mengakuinya sebagai kebudayaannya.
















DAFTAR PUSTAKA

Purwoastuti, dkk. 2015. Pokok-Pokok Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Pada Kebidanan. Yogyakarta : Pustakabarupres.
Sofa, Muhaddar. Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar. Sumber :http://massofa.wordpress.com/2008/10/21/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar.html diunduh pada Sabtu, 26 September 2009 pukul 17.24.
Sofa, Muhaddar. Kajian Sosiologi dan Interaksi Sosial. Sumber : http://massofa.wordpress.com/2008/02/06/bidang-kajian-sosiologi-dan-interaksi-sosial.html diunduh pada Sabtu, 26 September 2009 pukul 17.27

Tidak ada komentar:

Posting Komentar