jump shoot

Rabu, 26 April 2017

Contoh Role Play Tahap Komunikasi Terapeutik Keperawatan



ROLE PLAY TAHAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK
Pra-Interaksi
( Pagi hari jam 7 perawat 1 tukar jaga dengan perawat 3)
Perawat 1   : Mas, tadi malam ada satu pasien dengan hipertermi
Perawat 3   : Baik mas, mas kalau  nanti saya ajarkan cara komperes hangat kepada keluarga pasien, keluarganya bagaimana?
Perawat 1   : Tidak apa-apa mas, lakukan sesuai prosedur saja.
Orientasi
( Perawat 3 mendatangi pasien )
Perawat 3   : selamat pagi ibu, perkenalakan saya perawat 3, saya yang bertugas pada pagi ini dari jam 07:00 sampai jam 14:00 wib. Ini dengan nona A yang masuk tadi malam ya bu?
Ibu              : Iya mas benar
Perawat 3   : Ibu biasa anaknya  dipanggil dengan nama siapa?
Ibu              : Biasanya dipanggil april mas
Perawat 3   : Bagaimana perasaan mbak april sekarang? Apakah sudah berkurag panasnya?
Pasien         : Ini masih panas mas
Perawat 3   : Baik mbak, disini saya akan melakukan tindakan pemberian kompres hangat tujuannya agar anak ibu suhunya turun dan saya akan mengajarkan kepada ibu agar ibu bisa melakukan komperes dirumah.  Disini saya memerlukan waktu  kira-kira 10 menit ke depan apakah mb bersedia ?
Pasien         : bersedia mas,
Perawat 3   : sebelum saya mulai apakah ada yang mau ditanyakan ?
Pasien         : tidak mas,
Perawat 3   : baik saya mulai ya mb,
Pasien         : iya mas silahkan,
Tahap kerja
Perawat 3   : saya mulai ya bu, pertama kain ini dicelupkan kedalam air hangat kemudian diperas, tapi jangan kencang-kencang perasnya dan langsung ditempelkan dikening anak ibu.
Ibu              : oh iya mas, apakah kompresnya bisa di ulang beberapa kali ?
Perawat 3   : Bisa bu, tergantung suhu badan anak ibu kalau belum turun ibu bisa mengulanginya beberapa kali.
Ibu              : Oh iya mas terimakasih
Perawat 3   : Iya bu sama-sama, apakah ada yang ingin ditanyakan lagi?
Ibu              : Tidak ada mas
(selang beberapa menit kemudian perawat 3, mengangkat kain kompresan tersebut)
Tahap terminasi
Perawat 3   : ini sudah selesai mbak, bagaimana perasaan mbak setelah saya kompres air hangat?
Pasien         : oh iya mas, saya merasa lebih baik dari sebelumnya
Perawat 3   : oh iya udah nyaman ya dek rasanya? Ada yang ditanyakan lagi dek?
Pasien         : tidak ada mas
Perawat 3   : baik sekitar 2 jam selanjutnya rekan saya akan melakukan pengkuran suhu nya
Pasien         : baik mas
Perawat 3   : sebelum saya tinggalkan apakah ada yang ingin ditanyakan?
Pasien         : tidak mas
Perawat 3   : baik terimakasih atas waktu yang telah diberikan, selamat pagi.
Pasien         : sama-sama mas, pagi.
Tahap pra interaksi
(perawat 2 membaca rekam medis , menyiapkan alat, mengeksplorasi perasaan,  mencuci tangan, dan siap bertemu dengan pasien)
Tahap orientasi
Perawat 2   : selamat siang mbak, benarkah ini dengan mba april?
Pasien         : benar sus
Perawat 2   : perkenalkan mbak saya perawat anis disini saya akan melakukan tindakan selanjutnya yaitu pengukuran suhu menggunakan thermometer  tujuannya agar dapat mengetahui apakah suhu mbak sudah mengalami penurunan atau belum, dan saya membutuhkan  waktu kira-kira 7 menit kedepan. Apakah mbak bersedia?
Pasien         : bersedia sus
Perawat 2   : Mba, ini nanti caranya termometernnya di masukkan di lipatan ketiak mb ya.
Pasien         : iya sus,
Tahap kerja
Perawat 2   : baik mbak, sekarang saya pasang thermometernya dilipatan ketiak mbak ya? Dan tunggu beberapa menit kedepan untuk mengetahui hasilnya.
Pasien         : iya sus
( perawat melakukan tindakan pengukuran suhu menggunakan thermometer dan beberapa menit kemudian perawat mendapatkan hasil)
Tahap terminasi
Perawat      : ini sudah selesai pengukuran suhunya, hasil yang didapatkan 36,5’C, suhunya sudah turun ya mbak dari tadi pagi. Bagaimana perasaan mbak setelah saya ukur suhunya?
Pasien         : merasa tenang mbak karena suhu badan saya sudah menurun.
Perawat 2   : oh iya sudah merasa tenang ya? Apakah ada lagi yang dirasakan?
Pasien         : tidak sus
Perawat 2   : baik mbak sekitar satu jam kemudian saya akan kembali lagi memberikan obat, jika nanti butuh bantuan mbak bisa menekan tombol ini ya mbak.
Pasien         : iya mbak terimakasih
Perawat 2   : baik sebelum saya tinggalkan apakah ada yang ingin ditanyakan?
Pasien         : tidak sus
Perawat 2   : baik mbak saya permisi dulu ya, selamat siang mbak
Pasien         : iya sus, selamat siang
( perawat 2 berkolaborasi dengan apoteker)
Perawat 2   : selamat siang mbak saya dapat resep obat dari dokter untuk pasien april, tolong disiapkan ya?
Apoteker    : baik mas tunggu sebentar
Perawat 2   : baik mbak
( selang beberapa menit kemudian apoteker memberikan obat ke perawat )
Apoteker    : ini obatnya mba, sudah saya siapkan. Ini obatnya diminum 3x sehari sesudah makan.
Perawat 2   : iya mbak terimakasih
Apoteker    : iya sama-sama mba
( perawat 2 memberikan obat keruang pasien)
Perawat 2   : selamat sore
Ayah           : sore juga sus
Perawat 2   : pak saya akan memberikan obat untuk anak bapak, ini nanti diminum 3x sehari sesudah makan, setiap minum 1 tablet.
Ayah           : baik sus
Perawat 2   : oh iya pak nanti kalau sudah, silahkan datang keruang perawat ya akan ada yang kami bicarakan.
Ayah           : baiklah sus
Perawat 2   : saya permisi dulu ya pak, selamat sore
Ayah           : iya sus, sore.
( selang beberapa menit kemudian, ayah mengunjungi ruang perawat)
Ayah           : permisi, selamat sore mas
Perawat 3   : sore pak, silahkan duduk pak
Ayah           : terimakasih mas
Perawat 3   : baik begini pak, anak bapak suhunya sudah menurun, kata dokter anak bapak sudah bisa dibawa pulang besok pagi, tetapi menunggu sebentar dari ahli gizi akan memberi tahu tentang pola makan untuk anak bapak.
Ayah           : oh iya mas, kira-kira ahli gizi akan datang jam berapa ya mas?
Perawat 3   : nanti sekitar jam 19:00 pak
Ayah           : baik mas, kalau begitu saya permisi dulu terimakasih.
Perawat 3   : iya pak sama-sama
(ayah memberikan kabar bahwa anaknya sudah bisa pulang besok pagi kepada keluarganya diruang pasien)
 (tepat pukul 7 malam ahli gizi mengunjungi ruang pasien)
Ahli gizi      : Selamat malam pak,buk. Perkenalkan saya yuni lestari dari instalasi gizi, disini saya akan memberi tahu tentang pola makan dan minum untuk anak bapak.
Ibu              : baik mbak
Ahli gizi      : untuk sementara anak ibu tolong dibanyakan makan makanan yang berserat dan mengandung vitamin ya agar tidak mengalami panas lagi contohnya makan sayur-sayur hijau dan banyak minum air putih.
Ibu              : iya mbak, terimakasih.
Ahli gizi      : iya bu, sebelum saya tinggal ada yang ingin ditanyakan lagi?
Ibu              : tidak mbak
Ahli gizi      : baik bu, terimakasih atas waktunya kalau begitu saya permisi dulu, selamat malam.
Ibu              : iya mbak selamat malam.

KETERANGAN  

Perawat 1   : Denny Kurnianto
Perawat 2   : Anis Satri Zahra
Perawat 3   : Dede Rifa’at Safa’at
Ahli Gizi     : Yuni Lestari
Apoteker    : Ni Wayan Yeni Gunanti
Ibu              : Dahliani
Pasien         : Nurain Aprina Rahayu
Ayah           : Purnomo Bidu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar