jump shoot

Selasa, 02 Mei 2017

Alat Praga dalam pembelajaran kesehatan

BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Alat peraga memiliki peran penting dalam kegiatan pembelajaran. Alat peraga mampu memberikan pengalaman visual kepada siswa secara langsung antara lain untuk mendorong motivasi belajar, memperjelas dan mempermudah konsep abstrak dan mempertinggi daya serap belajar. Fenomena dalam ilmu keperawatan yang tidak mampu dilihat secara langsung oleh mata memerlukan alat peraga untuk memvisualisasikannya. Materi sostem peredaran darah misalnya, digunakan alat peraga khusus untuk menunjukkan fenomena system peredaran darah yang sulit dipahami bila hanya dijelaskan secara verbal saja. Pembelajaran secara langsung melalui demonstrasi maupun dengan alat peraga akan membantu siswa mampu memahami konsep-konsep secara lebih mudah, efektif, efisien, dan menarik.
Penggunaan alat peraga sebagai media pembelajaran dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan yang tersedia. Alat peraga dapat digunakan mahasiswa untuk memberikan pengalaman secara nyata dalam pembelajaran.

















B.     Rumusan Masalah

Rumusan masalah pada makalah ini adalah :
1.      Apa pengertian alat peraga ?
2.      Apakah tujuan dari pembelajaran menggunakan alat peraga ?
3.      Apakah fungsi dari pembelajaran menggunakan alat peraga ?
4.      Apakah macam macam dari alat peraga ?
5.      Apakah contoh dari alat peraga, bagaimana cara pembuatan, dan cara penggunaannya ?

C.     Tujuan Pembelajaran

Tujuan Permasalahan
1.      Mahasiswa dapat mengetahui dari definisi alat peraga
2.      Mahasiswa dapat mengetahui tujuan dari pembelajaran menggunakan alat peraga
3.      Mahasiswa dapat mengetahui dari fungsi dari pembelajaran menggunakan alat peraga
4.      Mahasiswa dapat mengetahui macam-macam dari alat peraga
5.      Mahasiswa dapat mengetahui contoh, cara pembuatan, dan cara penggunaan alat peraga.


































BAB II
PEMBAHASAN

A.     Pengertian Alat Peraga
 Sumad,  1997, mengemukakan bahwa atau  AVA adalah alat untuk memberikan pelajaran atau yang dapat diamati melalui panca indra. Alat peraga merupakan salah satu dari media pendidikan adalah alat untuk membantu  proses belajar mengajar  agar proses  komunikasi dapat berhasil dengan baik dan efektif.
B.      Tujuan Alat Peraga
Tujuandarialatperagaadalah:
1.       Alat peraga pendidikan bertujuan agar proses pendidikan lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar mahasiswa.
2.       Alat peraga pendidikan memungkinkan lebih sesuai dengan perorangan, dimana para mahasiswa belajar  dengan banyak kemungkinan sehingga belajar berlangsung sangat menyenangkan bagi masing-masing individu.
3.       Alat peraga pendididikan memiliki manfaat agar belajar lebih cepat segera persesuaian antara kelas dan diluar kelas, alat peraga memungkin kan belajar lebih sistematis dan teratur.
4.       Proses pembelajaran menjadi lebiih menarik, ketika menggunakan alat peraga pendidikan maka mahasiswa akan menjadi lebih antusias dan lebih penasaran dengan materi yang akan di pelajari, peran alat peraga tersebut  yang pada akhirnya akan memmotivasi siswa dalam belaja ran menguasai semua materi yang dipelajari.
5.       Proses pembelajaran menjadi lebih iteraktif, menggunakan alat peraga pendidik akan lebih mudah dalam menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan materi pelajaran kepada mahasiswa, demikian sebaliknya mahasiswa akan juga lebih mudah dalam memahami materi yang di pelajari.
6.       Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, akan terjadi pendekatan kontekstual untuk memadukan pendekatan teoritis abstrak dan konkrit. Sehingga membuat para mahasiswa lebih mudah memahami materi  yang diajarkan.
7.       Menghindari  situasi pembelajaran yang verbalisme , ketika proses pembelajaran dilalukan dengan tanpa alat peraga maka pendidik akan menyampaikan teori secara verbalisme saja. Metode pembelajaran yang demikian ini tentuakan sangat membosankan sehingga membuat siswa tidak produktif dan bahkan bosan mengikuti kelas.

C.      FUNGSI ALAT PERAGA
Fungsi alat peraga adalah:
1.       Menjadikan  proses pembelajaran menjadi lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat dan antusiasme belajar mahasiswa .
2.       Memudahkan komunikasi pendidik kepada mahasiswa dalam menyampaikan informasi atau materi  yang di pelajari.
3.       Memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi kepada mahasiswa, menghindari kerancuan sebab belajar bias dilakukan dengan sistematis dan teratur.
4.       Menimbulkan minat sasaran pendidikan, dipastikan para mahasiswa akan menjadi lebih penasaran dan antusias untuk mengetahui lebih dalam mengenai materi  yang akan di pelajari.
5.       Membantu dalam mengatasi berbagai hambatan dalam proses pendidikan.
6.       Merangsang para mahasiswa untuk mengimplementasikan atau  melaksanakan pesan-pesan yang di sampaikan melalui materi yang dipelajari.
7.       Mempercepat dan menguasai lebih banyak materi yang disampaikan oleh pendidik.
8.       Mempermudah menerima informasi oleh sasaran pendidik.

D.      Macam-Macam Alat Peraga
Macam-macam alat peraga adalah:
1.       Alat peraga lihat atau visual aids
Alat peraga ini berfungsi untuk menstimulasi indra penglihatan  pada saat terjadinya proses pembelajaran.  Alat peraga jenis ini juga dibagi menjadi  2 jenis yaitu alat peraga yang di proyeksikan dan  yang tidak di proyeksikan.
a.       Alat peraga yang di proyeksikan meliputi slide, strip, film dan sebagainya.
b.      Alat peraga yang  tidak di proyeksikan meliputi benda baik dua dimensi maupun tiga dimensi, peta, bagan,  grafik,  antagomi,  globe,  dan sebagainya.

2.       Alat  peraga dengar atau audio aids
Alat peraga ini berfungsi untuk menstimulus indra pendengar pada  saat terjadinya proses pembelajaran misalnya video kaset, pita suara, piriangan hitam dan sebagainya. Alat peraga audio ini juga dibedakan dalam dua jenis yaitu alat peraga audio sederhana dan rumit.

a.       Alat peraga audio sederhana adalah jenis alat peraga menggunakan alat-alat sederhana yang bisa desain sendiri atau tersedia di lingkungan.
b.      Alat peraga audio rumit adalah jenis alat peraga audio yang berteknologi seperti misalnya slide film video dan video kasetlainya .








E.       Contoh Alat Peraga

F.       Cara Pembuatan Alat Peraga
Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan adalah :
1.       Sterofom atau gabus
2.       Kain flannel
3.       Dakron atau tumpukan kertas
4.       Gunting
5.       Alat tulis
Cara Pembuatan
1.       Siapkan bahan-bahan semua, letakkan sterofom sebagai alas atau penopang alat tersebut.
2.       Letak kan dakron diatas sterefom membentuk jantung kemudian tutup dengan flannel berwarna kuning gading dan kain flannel  tersebut dikasih rekatan double tape sehingga dapat merekat pada sterofom mengikuti bentuk.
3.       Letak kan dakron diatas sterofom membentuk paru-paru kemudian tutup menggunakan kain flannel  berwarna  cream dan kain flannel tersebut dikasih rekatan double tape sehingga dapat merekat pada sterofom mengikuti bentuk.
4.       Untuk membuat  selang atau aliran darah nya yaitu dengan cara membentuk kain flannel berwarna merah dan kain flannel berwarna biru menyerupai batang.
5.       Untuk membuat keterangan apakah itu bilik atau serambi yaitu dengan cara memotong kain flannel berwarna merah dan biru menyerupau jantung kecil dankemudian ditempelkan diatas jantung besar berwarna kuning gading.
6.       Untuk membuat akar-akar dalam paru-paru yaitu dengan cara membuat serabut-serabut dari kain flannel.


G.     Cara penggunaan
Dari alat peraga tersebut dapat diperagakan bahwa darah mengalir dari serambi kanan ke  bilik kanan kemudian menuju paru-paru diteruskan ke serambi kiri kemudian kebilik kiri dan mengalir ke seluruh tubuh dengan cara pembedaan warna dari kain flannel.



















BAB III
PENUTUP
A.     Kesimpulan
 Materi diatas dapat disimpulkan bahwa alat peraga adalah suatu metode atau alat yang digunakan untuk mempermudah proses dalam belajar mengajar. Alat peraga dibedakan menjadi dua yaitu alat peraga visual atau lihat dan alat peraga dengar atau audio. Alat peraga dapat dikatagorikan dari mulai alat peraga yang dapat dibuat sendiri atau pun alat peraga yang siap dibeli.
B.     Saran
Untuk mempermudah proses pembelajaran alat peraga seharusnya sering-sering digunakan karena para mahasiswa dapat memahami proses pembelajaran dengan mudah.




















DAFTAR PUSTAKA






Tidak ada komentar:

Posting Komentar