BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Alat peraga memiliki peran penting dalam
kegiatan pembelajaran. Alat peraga mampu memberikan pengalaman visual kepada
siswa secara langsung antara lain untuk mendorong motivasi belajar, memperjelas
dan mempermudah konsep abstrak dan mempertinggi daya serap belajar. Fenomena
dalam ilmu keperawatan yang tidak mampu dilihat secara langsung oleh mata
memerlukan alat peraga untuk memvisualisasikannya. Materi sostem peredaran
darah misalnya, digunakan alat peraga khusus untuk menunjukkan fenomena system
peredaran darah yang sulit dipahami bila hanya dijelaskan secara verbal saja.
Pembelajaran secara langsung melalui demonstrasi maupun dengan alat peraga akan
membantu siswa mampu memahami konsep-konsep secara lebih mudah, efektif,
efisien, dan menarik.
Penggunaan alat peraga sebagai media
pembelajaran dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan yang tersedia. Alat peraga
dapat digunakan mahasiswa untuk memberikan pengalaman secara nyata dalam
pembelajaran.
B.
Rumusan
Masalah
Rumusan
masalah pada makalah ini adalah :
1.
Apa
pengertian alat peraga ?
2.
Apakah
tujuan dari pembelajaran menggunakan alat peraga ?
3.
Apakah
fungsi dari pembelajaran menggunakan alat peraga ?
4.
Apakah
macam macam dari alat peraga ?
5.
Apakah
contoh dari alat peraga, bagaimana cara pembuatan, dan cara penggunaannya ?
C.
Tujuan
Pembelajaran
Tujuan Permasalahan
1.
Mahasiswa
dapat mengetahui dari definisi alat peraga
2.
Mahasiswa
dapat mengetahui tujuan dari pembelajaran menggunakan alat peraga
3.
Mahasiswa
dapat mengetahui dari fungsi dari pembelajaran menggunakan alat peraga
4.
Mahasiswa
dapat mengetahui macam-macam dari alat peraga
5.
Mahasiswa
dapat mengetahui contoh, cara pembuatan, dan cara penggunaan alat peraga.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Alat Peraga
Sumad, 1997, mengemukakan bahwa atau AVA adalah alat untuk memberikan pelajaran atau
yang dapat diamati melalui panca indra. Alat peraga merupakan salah satu dari
media pendidikan adalah alat untuk membantu
proses belajar mengajar agar
proses komunikasi dapat berhasil dengan baik
dan efektif.
B. Tujuan Alat Peraga
Tujuandarialatperagaadalah:
1. Alat peraga pendidikan bertujuan
agar proses pendidikan lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar
mahasiswa.
2. Alat peraga pendidikan memungkinkan
lebih sesuai dengan perorangan, dimana para mahasiswa belajar dengan banyak kemungkinan sehingga belajar
berlangsung sangat menyenangkan bagi masing-masing individu.
3. Alat peraga pendididikan memiliki
manfaat agar belajar lebih cepat segera persesuaian antara kelas dan diluar
kelas, alat peraga memungkin kan belajar lebih sistematis dan teratur.
4. Proses pembelajaran menjadi lebiih
menarik, ketika menggunakan alat peraga pendidikan maka mahasiswa akan menjadi lebih
antusias dan lebih penasaran dengan materi yang akan di pelajari, peran alat peraga
tersebut yang pada akhirnya akan memmotivasi
siswa dalam belaja ran menguasai semua materi yang dipelajari.
5. Proses pembelajaran menjadi lebih iteraktif,
menggunakan alat peraga pendidik akan lebih mudah dalam menyampaikan informasi atau
mengkomunikasikan materi pelajaran kepada mahasiswa, demikian sebaliknya mahasiswa
akan juga lebih mudah dalam memahami materi yang di pelajari.
6. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa,
akan terjadi pendekatan kontekstual untuk memadukan pendekatan teoritis abstrak
dan konkrit. Sehingga membuat para mahasiswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan.
7. Menghindari situasi pembelajaran yang verbalisme , ketika
proses pembelajaran dilalukan dengan tanpa alat peraga maka pendidik akan menyampaikan
teori secara verbalisme saja. Metode pembelajaran yang demikian ini tentuakan sangat
membosankan sehingga membuat siswa tidak produktif dan bahkan bosan mengikuti kelas.
C. FUNGSI ALAT PERAGA
Fungsi alat
peraga adalah:
1. Menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih efektif
dengan jalan meningkatkan semangat dan antusiasme belajar mahasiswa .
2. Memudahkan komunikasi pendidik
kepada mahasiswa dalam menyampaikan informasi atau materi yang di pelajari.
3. Memudahkan pendidik dalam
menyampaikan materi kepada mahasiswa, menghindari kerancuan sebab belajar bias
dilakukan dengan sistematis dan teratur.
4. Menimbulkan minat sasaran
pendidikan, dipastikan para mahasiswa akan menjadi lebih penasaran dan antusias
untuk mengetahui lebih dalam mengenai materi
yang akan di pelajari.
5. Membantu dalam mengatasi berbagai
hambatan dalam proses pendidikan.
6. Merangsang para mahasiswa untuk mengimplementasikan
atau melaksanakan pesan-pesan yang di
sampaikan melalui materi yang dipelajari.
7. Mempercepat dan menguasai lebih banyak
materi yang disampaikan oleh pendidik.
8. Mempermudah menerima informasi oleh sasaran
pendidik.
D. Macam-Macam Alat Peraga
Macam-macam
alat peraga adalah:
1. Alat peraga lihat atau visual aids
Alat peraga ini berfungsi untuk menstimulasi indra
penglihatan pada saat terjadinya proses
pembelajaran. Alat peraga jenis ini juga
dibagi menjadi 2 jenis yaitu alat peraga
yang di proyeksikan dan yang tidak di
proyeksikan.
a. Alat peraga yang di proyeksikan meliputi
slide, strip, film dan sebagainya.
b. Alat peraga yang tidak di proyeksikan meliputi benda baik dua dimensi
maupun tiga dimensi, peta, bagan, grafik, antagomi, globe, dan sebagainya.
2. Alat
peraga dengar atau audio aids
Alat peraga ini berfungsi untuk menstimulus indra pendengar pada saat terjadinya proses pembelajaran misalnya
video kaset, pita suara, piriangan hitam dan sebagainya. Alat peraga audio ini juga
dibedakan dalam dua jenis yaitu alat peraga audio sederhana dan rumit.
a. Alat peraga audio sederhana adalah jenis
alat peraga menggunakan alat-alat sederhana yang bisa desain sendiri atau tersedia
di lingkungan.
b. Alat peraga audio rumit adalah jenis
alat peraga audio yang berteknologi seperti misalnya slide film video dan video
kasetlainya .
E. Contoh Alat Peraga

F. Cara Pembuatan Alat Peraga
Alat dan
Bahan
Alat dan
bahan yang digunakan adalah :
1. Sterofom atau gabus
2. Kain flannel
3. Dakron atau tumpukan kertas
4. Gunting
5. Alat tulis
Cara
Pembuatan
1. Siapkan bahan-bahan semua, letakkan
sterofom sebagai alas atau penopang alat tersebut.
2. Letak kan dakron diatas sterefom
membentuk jantung kemudian tutup dengan flannel berwarna kuning gading dan kain
flannel tersebut dikasih rekatan double
tape sehingga dapat merekat pada sterofom mengikuti bentuk.
3. Letak kan dakron diatas sterofom
membentuk paru-paru kemudian tutup menggunakan kain flannel berwarna
cream dan kain flannel tersebut dikasih rekatan double tape sehingga
dapat merekat pada sterofom mengikuti bentuk.
4. Untuk membuat selang atau aliran darah nya yaitu dengan cara
membentuk kain flannel berwarna merah dan kain flannel berwarna biru menyerupai
batang.
5. Untuk membuat keterangan apakah itu bilik
atau serambi yaitu dengan cara memotong kain flannel berwarna merah dan biru menyerupau
jantung kecil dankemudian ditempelkan diatas jantung besar berwarna kuning gading.
6. Untuk membuat akar-akar dalam paru-paru
yaitu dengan cara membuat serabut-serabut dari kain flannel.
G. Cara penggunaan
Dari alat peraga tersebut dapat diperagakan bahwa
darah mengalir dari serambi kanan ke bilik
kanan kemudian menuju paru-paru diteruskan ke serambi kiri kemudian kebilik kiri
dan mengalir ke seluruh tubuh dengan cara pembedaan warna dari kain flannel.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Materi diatas dapat disimpulkan bahwa alat
peraga adalah suatu metode atau alat yang digunakan untuk mempermudah proses
dalam belajar mengajar. Alat peraga dibedakan menjadi dua yaitu alat peraga
visual atau lihat dan alat peraga dengar atau audio. Alat peraga dapat
dikatagorikan dari mulai alat peraga yang dapat dibuat sendiri atau pun alat
peraga yang siap dibeli.
B.
Saran
Untuk mempermudah proses
pembelajaran alat peraga seharusnya sering-sering digunakan karena para
mahasiswa dapat memahami proses pembelajaran dengan mudah.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar